Mengapa Daun Salam Efektif sebagai Obat Asam Urat? Ini Jawabannya!

Obat Asam Urat – Benarkah Daun Salam ?

Budi (44 tahun) belakangan mengeluhkan sakit di bagian lututnya ketika bekerja.

Awalnya, ia menganggap rasa sakit berupa nyeri dan ngilu tersebut hanyalah keseleo seperti biasa.

purin asam urat
purin asam urat

Namun, lama-kelamaan ia mulai curiga karena ternyata rasa nyeri itu sering kambuh, bahkan menjalar ke persendian lainnya.

Setelah mendapat info dari teman-temannya, ia mulai menyadari bahwa rasa sakitnya bukanlah keseleo, tetapi gejala awal penyakit asam urat. Terlebih, sang ayah juga memiliki riwayat penyakit yang sama dengan dirinya.

Penyakit asam urat sering dianggap remeh karena tidak menyebabkan bahaya bagi penderitanya.

Sayangnya, anggapan tersebut nampaknya tidak 100% tepat. Meski tak menyebabkan bahaya, asam urat yang tiba-tiba timbul kebanyakan akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Produktivitas tubuh yang seharusnya dapat maksimal mendadak harus terhenti karena perlunya beristirahat akibat mengalami nyeri.

Asam Urat = Penyebab Otot Nyeri?

Pemahaman yang keliru tentang asam urat membuat masyarakat salah kaprah dalam memahaminya. Menurut Anda, apa yang dimaksud dengan asam urat?

Kebanyakan orang beranggapan bahwa asam urat identik dengan penyakit urat saraf. Ini terjadi karena definisi kata “urat” yang salah. Bagi orang Jawa, penggunaan kata “urat” mengacu pada serat otot. Padahal, sebenarnya arti “asam urat” yang dimaksud oleh istilah kedokteran adalah “uric acid” dalam bahasa inggris.

“Uric” adalah urin atau air kencing. “Uric acid” secara sederhana berarti asam yang terkandung dalam air kencing. Penyakit asam urat pada awalnya diketahui karena penderita radang sendi ini memiliki urin yang pekat dan berwarna agak putih. Endapan kencing yang berwarna putih inilah yang kemudian disebut sebagai asam urat. Jadi, jangan salah lagi ya mengartikan istilah asam urat.

Apa Sebenarnya Asam Urat?

Asam urat sebenarnya adalah zat yang normal terkandung dalam darah kita.

asam urat
asam urat

Zat ini merupakan zat sisa dari hasil metabolisme purin – golongan protein yang sehari-hari ada dalam makanan kita – yang kemudian dikeluarkan dari tubuh melalui urin. Penyebab asam urin yang tinggi dalam darah bisa jadi karena bermacam-macam sebab, mulai dari makanan yang dikonsumsi, genetik atau faktor keturunan, kesalahan sistem metabolisme tubuh, konsumsi obat, dan berbagai hal lainnya.

Untuk mengobati asam urat, umumnya orang-orang akan mencari pengobatan herbal yang didapat dari lingkungan sekitar.

Nenek moyang pada zaman dahulu menggunakan aneka tanaman obat untuk mengatasi berbagai penyakit, tak terkecuali asam urat. Adalah daun salam, sambiloto, tempuyung, anting-anting dan sederet tanaman lainnya yang diduga bisa menjadi obat asam urat herbal.

Penelitian saat ini juga sudah mulai merambah ke khasiat obat-obatan alami sebagai penyembuh penyakit. Kali ini, kita akan membahas soal khasiat daun salam dan menjawab pertanyaan mengapa daun salam ampuh mengobati asam urat.

Mengenal Daun Salam Sebagai Obat Herbal Asam Urat Alami

Tak kenal maka tak sayang, begitulah kata pepatah. Untuk mengetahui lebih dalam soal khasiatnya, mari kita berkenalan dengan daun salam terlebih dahulu.daun-salam-obat-asam-urat-alami

Salam atau nama ilmiahnya Syzygium polyanthum lebih banyak dikenal sebagai bumbu dapur di kalangan perempuan. Daun salam konon digunakan sebagai penambah keharuman, sehingga sering dimasukkan ke dalam berbagai masakan.

Penggunaannya cukup mudah, yaitu hanya diremas dan dimasukkan ke dalam masakan apa saja, mulai dari sayur asam, melinjo, oseng-oseng, dan lain sebagainya.

Tanaman salam hidup dengan baik dimana saja, dengan ketinggian yang bervariasi, mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi hingga ketinggian 1.800 m dpl. Karena daya tahannya yang baik, tanaman salam banyak ditanam di pekarangan, terlebih karena seringnya digunakan dalam masakan.

Dilhat dari bentuk fisik, tanaman salam adalah tanaman yang tinggi dengan batang bulat dan penampakan berdaun rimbun. Daun salam memiliki penampakan berwarna hijau tua dengan bagian atas licin, namun bagian bawahnya agak kasar dan berwarna lebih muda. Daun ini akan mengeluarkan bau harum saat diremas.

Khasiat dalam Daun Salam

Apa yang membuat daun salam mengandung berbagai khasiat bagi tubuh? Daun salam mengandung berbagai senyawa aktif yang memiliki efek baik bagi kesehatan tubuh.

Senyawa-senyawa ini antara lain adalah saponin, flavonoid, polifenol, tanin, alkaloid, dan triterpen. Flavonoid dan polifenol adalah antioksidan alami yang bila dikonsumsi dapat membuat tubuh lebih tahan terhadap radikal bebas. Daun salam juga mengandung minyak atsiri, yang kaya seskuiterpen, sitral, fenol, serta eugenol.

Adanya senyawa aktif membuat pamor daun salam meningkat, dan bahkan disamakan dengan tanaman obat lainnya. Selain sebagai obat asam urat, daun salam juga bisa mengobati diabetes, maag, diare, dan hipertensi.

Mengapa daun salam sangat efektif menjadi obat asam urat?

Daun salam memiliki khasiat sebagai diuretik, yaitu memperbanyak produksi urin. Urin yang keluar dari tubuh dapat membantu mengurangi kadar asam urat yang diproduksi dalam darah. Selain itu, daun salam memiliki efek positif lain yaitu sebagai analgesik atau penghilang rasa nyeri. Efeknya, saat asam urat mendera, daun salam dapat membantu mengurangi nyeri persendian.

Wah, ternyata khasiat daun salam begitu besar ya!

Cara Tradisional Pengobatan Asam Urat

Masyarakat zaman dahulu sudah menggunakan daun salam sebagai obat asam urat. Kala itu, daun salam masih dengan mudah dapat ditemui di pekarangan rumah, sehingga tidak sulit menggunakannya sebagai obat.

Cara termudah dalam mengolah daun salam adalah dengan memetik 10-15 daun salam segar.

Daun kemudian dicuci dan direbus dengan 3 gelas air. Perebusan dihentikan jika air sudah berkurang menjadi 1 gelas. Selanjutnya, air rebusan disaring dan diminum. Air daun salam ini umumnya diminum pada pagi dan sore hari.

Beberapa resep juga mengkombinasikan daun salam dengan tanaman lainnya untuk mengobati asam urat, misalnya daging mahkota dewa dan sambiloto.

Sayangnya, semakin jarangnya tanaman obat di rumah membuat kesulitan untuk menemukan tanaman segar setiap hari. Apalagi masyarakat metropolitan yang umumnya memiliki lahan taman yang sempit, tidak seluas rumah-rumah zaman dahulu.

Jika jarak antara rumah Anda dan pasar dekat, beruntunglah Anda karena daun salam segar masih banyak ditemui disana. Tapi, bagaimana jika rumah Anda jauh dari pasar?

Kemajuan teknologi, terutama teknologi ekstraksi bahan aktif dari produk tanaman alam bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tak ingin repot merebus daun salam segar setiap hari.

Dengan berbagai penelitian dan uji coba terobosan dalam bidang farmakologi, ekstrak daun salam kini sudah dikemas dengan ukuran dan dosis yang tepat bagi tubuh. Anda cukup mengkonsumsi ekstrak daun salam dalam bentuk sediaan. Kini Anda bisa memulai langkah sehat dengan cara yang mudah.

Kemudahan teknologi internet membantu Anda menyediakan berbagai item dengan mudah dan cepat. Selain praktis, Anda bisa langsung mendapatkannya dalam sekali klik. Obat asam urat herbal bisa didapatkan dalam gerai elektronik kami dengan mengklik halaman depan dalam website ini.

Yuk, mari memulai hidup sehat dari sekarang!

uratgout

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jual Kolam Terpal daun yakon